EURO 2012: CHRISTIANO RONALDO BAWA Portugal Masuk Semifinal

Share on :
Large_ronaldo-3

JAKARTA: Portugal berhasil melaju ke babak semifinal setelah menyingkirkan Ceko 1-0 pada laga perempatfinal pertama Piala Eropa Piala Eropa 2012 di National Stadium, Warsawa, Polandia.

Ceko gagal mengulang sejarah yang terjadi pada Piala Eropa 1996 saat mereka menaklukkan Portugal juga dengan skor 1-0.

Sundulan Cristiano Ronaldo pada menit 78 membawa Portugal unggul atas Ceko. Ronaldo mendapat umpan dari Joao Moutinho yang berlari melewati David Limbersky.

Selama pertandingan Ronaldo menjadi motor penyerang Portugal yang kerap mengancam pertahanan Ceko.

Ronaldo sepertinya sadar betul bahwa timnya sangat bergantung pada andilnya. Dia kerap bermain agresif, tetapi kiper Ceko Pter Cech beberapa kali berhasil melakukan penyelamatan yang gemilang.

Sebelumnya, Portugal bisa unggul pertama 1-0 atas Ceko pada menit 58 jika saja sundulan Hugo Almeida yang mendapat umpan dari Nani tidak dinyatakan offside oleh hakim garis.

Pada babak pertama, Ceko sebenarnya memiliki peluang emas saat umpan silang Vladimir Darida pada menit 18 tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Milan Baros yang berada pada posisi sempurna di depan gawang Eduardo.

Portugal mulai membuka peluang lewat tendangan voli Sergio Contreao pada menit 23, tetapi belum bisa menembus pertahanan Pter Cech.

Pada menit 25, Ronaldo yang tanpa kawalan melakukan tendangan keras ke arah gawang namun usahanya berhasil digagalkan Peter Cech.

Ceko berganti mengancam pertahanan gawang Portugal pada menit 28 dari Gebre Selassie yang mendapat umpan dari Darida di sayap kanan. Namun, tendangannya yang tajam mampu ditepis oleh Pepe.

Pada detik-detik akhir babak pertama, Ronaldo nyaris membobol gawang Ceko lewat tendangan keras yang merupakan umpan dari Pepe. Sayang, tendangannya membentur tiang gawang.

Pada babak pertama, wasit Howard Webb menghadiahi dua kartu kuning kepada pemain depan Portugal, Nani karena melakukan pelanggaran terhadap Limbersky dann Miguel Veloso yang men-tackle Darida.

Sementara itu, Hugo Postiga mengalami cedera, sehingga harus ditandu keluar lapangan dan digantikan Hugo Almeida.

Pada babak kedua, Ronaldo dan Nani kerap mengancam gawang Ceko. Tendangan bebas dari Ronaldo di awal babak kedua nyaris menembus gawang, tetapi sedikit melebar di sebelah kiri gawang.

Kemudian, Ronaldo mencoba membuat peluang dari sayap kanan, namun terus dijaga ketat Hubaschman dan Darida.

Pada menit 54, lagi-lagi Ronaldo mencoba menembus gawang Ceko dan kembali gagal karena penyelamatan gemilang dari kiper Ceko Pter Cech.

Pter Cech kembali melakukan penyelamatan cemerlang pada menit 57 ketika Nani melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Ceko berganti mengancam lewat serangan Vaclav Pilar yang mampu melewati Joaoereira dan Pepe, tetapi sayang tembakannya berhasil digagalkan Miguel Veloso yang sudah menjaganya.

Pada menit 64, Petr Cech kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tembakan dari Joao Moutinho.

Serangan dari Portugal semakin gencar. Sampai pada menit 78, gol fantastis dari Ronaldo berhasil memecah kebuntuan dan membawa Portugal ke semifinal.

Ronaldo kemudian menjadi "man of the match" dari laga perempatfinal pertama Piala Eropa 2012 ini.  Dia juga masuk menjadi daftar pencetak gol terbanyak bersama pemain Jerman Mario Gomez, Alan Dzagoev dari Rusia dan penyerang Kroasia Mario Mandzukic.

"Cristiano Ronaldo akan kembali menjadi headline," tulis ESPN.com.

Pada babak semifinal, Portugal akan menghadapi pemenang partai Prancis versus Spanyol yang berlaga Minggu dini hari nanti. (Antara/spr)


Sumber







0 komentar on EURO 2012: CHRISTIANO RONALDO BAWA Portugal Masuk Semifinal :

Post a Comment and Don't Spam!