Ujian Nasionalnya Bahasa Inggris, Soalnya Kok Matematika

Share on :


Naskah soal ujian nasional (UN) di SMPN 132, Kedaungkaliangke, Jakarta Barat, tertukar. Panitia pelaksana ujian mendapatkan naskah soal mata pelajaran Matematika di dalam paket soal Bahasa Inggris. Ini menyebabkan pelaksanaan ujian di sekolah tersebut tertunda hingga 15 menit.

Harsono, panitia pelaksana ujian SMPN 132, membenarkan adanya insiden kecil saat ujian hendak dimulai. Naskah soal yang ditemukan adalah soal Matematika yang harusnya diujikan pada Rabu (25/4). Namun, ia menegaskan panitia bisa segera mengantisipasi dan ujian bisa dilanjutkan setelah soal diambil ke sub-rayon 06 di SMPN 45 Cengkareng.

"Siswa tetap tenang dan situasi bisa kita kendalikan. Tidak ada kericuhan" ujarnya

Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Jakarta Barat, Delly Indrayati, mengatakan soal baru dibagikan kepada siswa. Kemudian salah seorang siswa menyadari bahwa naskah yang dibagikan tidak sesuai dengan jadwal mata pelajaran yang diujikan. Selanjutnya, kata Delly, panitia langsung menarik soal yang telah dibagikan.

"Ini kelalaian petugas dan pengawas. Mereka kurang teliti," ujarnya kepadaRepublika, Selasa (24/4). ''Panitia kurang teliti ketika mengambil naskah ke sub-rayon. Panitia salah memperhatikan kode soal yang diambil.''

Namun, kata Delly, panitia pelaksana ujian dengan cepat mengumpulkan kembali soal yang sudah telanjur dibagikan tersebut. Tertundanya waktu siswa dalam melaksanakan ujian hingga 15 menit, ujar Delly, karena panitia harus mengembalikan soal ke sub-rayon. Mereka kemudian mengambil naskah soal yang seharusnya diujikan, yaitu soal Bahasa Inggris.

Sumber

0 komentar on Ujian Nasionalnya Bahasa Inggris, Soalnya Kok Matematika :

Post a Comment and Don't Spam!