Pesawat NASA Temukan Objek Misterius di Saturnus

Share on :
Ahmad Luthfi - Okezone
Selasa, 24 April 2012 15:23 wib
detail berita
Planet Saturnus (Foto: Google)
CALIFORNIA - Para ilmuwan dari pesawat luar angkasa Cassini milik National Aeronautics and Space Administration (NASA) menemukan objek misterius dengan panjang setengah mil pada salah satu cincin di planet Saturnus. Objek misterius itu meninggalkan jejak cahaya yang berkilauan.

Dilansir IBTimes, Selasa (24/4/2012), ilmuwan percaya kilauan cahaya yang ditinggalkan itu dikenal sebagai mini jets yang dihasilkan dari cincin F. "Saya pikir cincin F adalah cincin Saturnus yang paling aneh. Penemuan terbaru dari Cassini ini menunjukkan cincin F lebih dinamis dari apa yang kami bayangkan," ujar Carl Murray, ilmuwan dari Queen Mary University of London, Inggris.

"Temuan ini menunjukkan kepada kami mengenai wilayah cincin F seperti sebuah kebun binatang yang ramai dengan objek-objek yang menciptakan pertunjukkan spektakuler," tuturnya.

Sebelumnya, para ilmuwan telah menemukan benda asing lainnya yang berukuran besar seperti Prometheus (satelit ketiga milik saturnus). Kabarnya, Prometheus bisa membuat saluran, riak dan bola salju di cincin F. Kendati demikian, para ilmuwan belum mengetahui apa yang terjadi pada bola salju tersebut ketika benda itu tercipta.

Studi yang dilakukan ilmuwan menemukan bola salju kecil bertabrakan dengan cincin F. Bola saljur itu bergerak dengan kecepatan perjalanan sekira 2 meter per detik. Ketika bola salju kecil itu bertabrakan, sehingga terbentuk kilauan partikel es dengan panjang jejak sekira 20 sampai 110 mil. (fmh)

0 komentar on Pesawat NASA Temukan Objek Misterius di Saturnus :

Post a Comment and Don't Spam!