BMKG: Isu Gempa 12 SR di Aceh Menyesatkan

Share on :
K. Yudha Wirakusuma - Okezone 
Sabtu, 28 April 2012 06:16 wib
Foto: Ilustrasi
    JAKARTA - Masyarakat di pesisir Aceh diresahkan dengan beredarnya pesan singkat berantai yang berisikan akan terjadi gempa bumi berkekuatan 12 Skala Richter (SR) yang disusul tsunami.
     Terkait hal tersebut, Kasi Informasi Gempa, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Suharjono mengatakan bahwa hal tersebut adalah hanyalah isu yang menyesatkan.

   “Gini isu gempa itu menyesatkan, karena apa pun ada, tekhnologi belum bisa menjawab kapan akan terjadi gempa,” kata Suharjono, saat berbincang dengan okezone , Sabtu (28/4/2012).

    Kita memang hidup di negara memang rawan, tapi tidak serta merta akan terjadi itu. Isu itu sangat meresakan masyarakat.

“Belum ada gempa 12 Skala Richter, enggak mungkin itu. Selama ini yang tertinggi hanya 9 Skala Richter, isu itu menyesatkan,” tukasnya.
Seperti yang diketahui isu yang tak jelas dari mana sumbernya itu, disebutkan gempa akan terjadi di Pulau Sumatera. Sejumlah warga yang berdomisili di pesisir Kabupaten Aceh Jaya kemarin sempat mengungsi ke lokasi lebih tinggi, karena terpengaruh isu tersebut.

     Di Kota Banda Aceh, sejumlah warga mengaku ikut menerima SMS dan pesan melalui blackberry messenger yang mengabarkan akan terjadi gempa 12 SR, serta disusul tsunami yang menghantam pantai hingga 5 Kilometer dari bibir pantai.
(ydh)

0 komentar on BMKG: Isu Gempa 12 SR di Aceh Menyesatkan :

Post a Comment and Don't Spam!